Senin, Oktober 14, 2013

Hidup ini adalah...

Sepenggal tulisan yang menyapa pembaca dalam jurnal pribadi saya:
"Hidup adalah anugerah dari Tuhan
Hidup adalah kasih nyata yang Tuhan karuniai untukku
Terimakasih Tuhan Yesus"
Hidup ini memang tak semudah yang kita sebagai manusia harapkan, tak segampang apa yang kita pikirkan, hidup ini tak selancar seperti aliran makanan dari mulut sampai tersebar ke seluruh tubuh, tidak! Tapi satu hal yang saya yakini dan saya  percaya bahwa kehidupan saya bukan sembarangan, bukan terjadi begitu saja tanpa arah yang pasti, karena hidup saya  adalah anugerah terbesar yang Tuhan percayakan untuk saya alami!

Kita semua ada di bumi ini bukan kebetulan, bukan kesalahan, bukan kecelakaan. Kita semua ada semata-mata hanya karena Tuhan punya maksud dan tujuan untuk setiap kita!
"Segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia -Kolose 1:16b-"
Manusia diciptakan karena inisiatif dari Tuhan dan Dia mau nama-Nya terpuji lewat kita, apalagi jika kita mengenal dan bergaul karib dengan-Nya.

Ada satu buku yang menyadarkan betapa saya berharga, Judulnya: 
"The Purpose Driven life" - Rick Warren 
Fyi: Buku ini sudah ada dirumah sejak saya masih kecil ini adalah hadiah untuk papa & mama dari om Mozes (sahabat papa). Setiap saya melihat buku itu saya tidak tau kalau isinya begitu berharga. Saya pikir ini hanya sekedar buku rohani yang tebal dan buat orang dewasa. Sampai akhirnya, seorang kakak (kak Evin) di persekutuan siswa yang menyarankan untuk membaca dan jujur saya jadi sangat terberkati dengan makna yang dalam di buku ini, meskipun saya kurang konsisten membaca sehingga saya menyelesaikannya dalam jangka waktu sangat lama kurang lebih 5 bulan. Tapi saya mendapatkan point-point penting and I'm feel so blessed! PRAISE GOD

Saya ingin bagikan sedikit tentang buku itu, didalamnya benar-benar menjelaskan 'tujuan Tuhan menciptakan kita di dunia ini'

Jauh sebelum saya ada dalam benak orangtua, saya  sudah ada dalam benak Tuhan.
Kedua orangtua saya memiliki DNA yang Tuhan inginkan untuk menjadikan saya!
Tuhan menjadikan saya untuk suatu alasan yang luar biasa! 
Suku, ras, bangsa, warna kulit, jenis rambut, kepribadian, talenta, dll semua sudah dalam rencana Tuhan untuk kehidupan saya ini. feel great

Kurang lebihnya isi buku karya Rick Warren mengenai tujuan Allah menghadirkan kita didunia ini sebagai berikut:
  1. "Kasihilah Tuhan,Allahmu, dengan segenap hatimu" Kita manusia diciptakan oleh Tuhan karena Dia ingin ada yang memuji-Nya ada yang menyembah-Nya. Itu semua karena kesenangan Tuhan sendiri, Dia senang menjadikan kita manusia ciptaan-Nya. Tujuan saya adalah mengasihi-Nya dengan penyembahan.
  2. "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri" Kita dibentuk dan diciptakan untuk melayani. Dengan cara apa kita melayani? banyak sekali cara tapi ini bukan sembarangan melayani. Kita (dalam konsep sahabat Tuhan) melayani dengan cara memberikan sumbangsih berupa tenaga kita dalam lingkungan gereja,persekutuan,atau kumpulan pelajar rohani di sekolah,kampus,atau tempat kerja. Melayani Tuhan dengan menunjukkan Kasih Tuhan Yesus kepada saudara/i seiman.
  3. "Baptislah mereka dalam..." Kita dibentuk dibumi ini untuk menjadi keluarga Allah yang pada akhirnya akan berkumpul di surga nanti. Tidak dimulai saat di surga nanti, semua dimulai dari bumi. Keluarga rohani merupakan kesatuan yang jauh lebih kuat, ikatan yang tetap, ketimbang hubungan darah. Bagaimana cara membangun keluarga Allah? dengan ikut persekutuan-persekutuan orang percaya, bergabung menjadi jemaat disatu gereja yang Ia kehendaki. Kita berhubungan membentuk keluarga Allah dibumi melalu persekutuan.
  4. "Ajarlah mereka melakukan segala sesuatu" Kita diciptakan untuk menjadi serupa dengan Kristus. Ketika Tuhan menciptakan kita, Ia ingin agar kita memiliki sifat yang sama dengan-Nya. Tujuan kita adalah terus bertumbuh menuju kedewasaan yang menyerupai Kristus dan hanyalah RohKudus yang mampu mengubah kita seperti yang Tuhan mau. Semuanya bisa kita alami melalui pemuridan.
  5. "Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku" Ini adalah salah satu tujuan terpenting yang Tuhan rancangakan untuk kita ada di dunia ini. Kita manusia memiliki 'misi' khusus yakni memberitakan kasih, anugerah, pesan Tuhan kepada dunia ini terkhusus kepada orang-orang yang belum mengenal dengan baik dan benar Siapa itu YESUS KRISTUS!! ini memang bukan tugas yang ringan, kita akan pergi ke tempat-tempat yang menolak Kristus tapi ini adalah satu dari beberapa tujuan Tuhan untuk kita. Tuhan Yesus tidak akan kembali sebelum semua orang yang Dia ingin mereka mendengar Kabar Baik telah mendengarnya! Dulu pelosok-pelosok negeri, daerah-daerah terpencil, negara-negara dunia ke tiga, Asia, Afrika, intinya kawasan-kawasan miskin yang belum mengenal Tuhan kebanyakan para misionaris (sebutan untuk pekerja misi ke orang-orang yang belum mengenal Tuhan) ke sana. Tapi di kancah dunia Internasional, di perkembangan zaman modern, kota-kota besar, negara-negara adidaya membutuhkan yang namanya penginjilan tentang Yesus Kristus! karena sebagian dari mereka tak lagi mau percaya adanya Tuhan. Mereka merasa mampu melakukan segala hal, terlalu pintar, merasa hebat sampai kuasa Tuhan dianggap remeh. Inilah tugas terberat sebagai rekan sekerja Tuhan. Seperti tertulis dalam  Roma 10:13-15
Sebab,barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan,akan diselamatkan. Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya,jika mereka tidak percaya kepada-Nya? bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia,jika mereka tidak mendengar tentang Dia? bagaimana mereka mendengar tentang Dia jika tidak ada yang memberitakan-Nya? dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya,jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis "Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!"
Memang tidak mudah untuk menjalankan tugas berat ini tapi jika kita memiliki Kasih berarti kita secara otomatis akan mengasihi setiap orang dan dengan berlutut dalam doa memohon arahan Tuhan siapa orang yang ingin Dia untuk kita pergi dan memberitakan penginjilan tentang-Nya agar tujuan kita terpenuhi melalu penginjilan. Selamatkanlah satu orang untuk Tuhan Yesus, walaupun hanya satu, kehidupan kita tentu membuat dampak besar bagi orang tersebut, memang butuh waktu seumur hidup kita untuk penginjilan karena ini tak semudah kita melayani dalam gereja. Percayalah ada Tangan Tuhan, arahan Tuhan agar kita mampu menjalankan misi rohani di bumi ini.

Itu sebagian kecil isi dari buku yang memberkati saya!
Ada banyak cara yang akan Tuhan pakai untuk setiap manusia mengerti "arti hidup" mereka di bumi ini. Mungkin aku sudah sejak lama mengetahui bahwa hidup ini adalah rencana Tuhan yang besar, hidupku adalah anugerah yang Tuhan percayakan dan aku da untuk sebuah pelayanan di bumi ini. Tapi melalui buku ini aku lebih dalam lagi mengetahui tujuan Tuhan terhadapku.
Saya menghimbau untuk kalian membaca buku ini juga.

Ada banyak suka-duka dalam hidup saya tapi Dia terlalu baik sampai tak terlukiskan oleh tarian jari sekalipun dan pertanyaan "Apa yang sudah saya perbuat sampai Dia begitu baik?" selalu muncul dalam lamuan, tapi saya tersadar setiap kalimat itu muncul itu semua ya karena Anugerah-Nya itu karena Dia, Tuhan Yesus, memiliki tujuan yang sangat amat indah bagi kita semuaa.

Percayalah hidup ini adalah anugerah terbesar, karunia terindah, dan karya terbesar yang Tuhan berikan untuk kita miliki, kita kelola sesuai dengan tujuan-Nya!

Pertanyaannya:
Apakah kita sudah melaksanakan kepercayaan Tuhan dengan baik?
Hanya diri sendirilah yang bisa menjawab.

Tuhan Yesus Memberkati!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Broken Christmas ~ Natal yang Hancur

Natal gak selalu harus meriah, Natal bisa sesederhana duduk di rumah bersama dan makan masakan yang enak buatan keluarga. Natal juga bisa te...