Rabu, Oktober 30, 2013

Fellowship

"Persekutuan"

Kata ini punya makna yang dalam di kehidupan sebagai seorang pengikut Kristus Yesus!
seperti kata-kata di dalam Alkitab pedang menajamkan pedang, manusia menajamkan sesamanya. Disini bermakna bahwa persekutuan itu bertujuan agar antar manusia saling menajamkan iman satu sama lain.

Aku sangat ingin sekali mendapatkan hubungan persekutuan dengan saudara-saudara seiman. Memiliki sahabat-sahabat yang bisa membawa aku lebih dekat kepada Tuhan Yesus. Sungguh sangat istimewa sekali ketika Tuhan menghadirkan sahabat-sahabat seiman yang menopangku dalam doa, yang menyediakan kuping untukku bercerita, tempat untuk saling berbagi akan kasih Tuhan, berdoa bersama, memuji Tuhan bersama heemm sungguh amat istimewa hidup kalau kita bisa terus berhubungan dengan orang-orang yang membawa kita semakin dekat dengan Tuhan,Sang Pencipta itu.

Di Indonesia terdapat satu persekutuan Kristen namanya Perkantas (Persekutuan Kristen Antar Universitas) papa dan mamaku pernah ada didalamnya dulu dan dari kecil aku selalu mendengar dan mengetahui tentang persekutuan ini sampai-sampai tuh nama persekutuan gak asing di telinga hahaha bosen dengarnya. Persekutuan ini dibawah naungan Australian Fellowship of Evangelical Students (AFES) dan untuk Internasionalnya International Fellowship of Evangelical Students (IFES) dimana persekutuan ini berpusat pada siswa dengan slogan terkenal perkantas yang sering aku dengar itu 'Student today,leader tomorrow' dan yang paling menarik dari persekutuan ini adalah small group (kelompok kecil) yang dimana antar teman kami akan saling membangun dan menopang dalam iman akan Yesus terus menerus.  Mama paling sering bercerita tentang indahnya memiliki kelompok kecil,mereka bisa berbagi cerita,canda tawa,sambil berbagi kasih tentang Tuhan lewat pembacaan Alkitab. Papa memiliki banyaaaakk sekali sahabat-sahabat yang masih terus berhubungan baik sampai sekarang dari persekutuan itu. Papa dan mama mengalami pembaruhan iman disitu.

Waktu aku SMA, papa bilang cari persekutuan siswa kristen (psk) yang merupakan pembinaan perkantas untuk siswa dan aku harus ikut dan bertumbuh didalamnya nah setelah lama banget cari dan hasilnya nihil alias gak ketemu-ketemu tuh persekutuan dimana letaknya. Akhirnya ketika aku udah gak berniat untuk cari lagi malah datang sendiri tuh persekutuan siswa lewat flyer KKRS 2012. Gimana ya tapi itu benar-benar huaaaah senaanngg banget ekspresi wajah bilang "akhirnya gue ketemu juga yang dicari selama ini" Puji Tuhan yaa. Sebenarnya bukan karena suruhan papa juga sih niat cari waktu itu tapi itu karena kerinduanku ingin memiliki sahabat-sahabat rohani dalam Tuhan yang membuat aku semakin dekat dengan Tuhan Yesus,mendengar pengalaman papa dan mama membuatku semakin excited untuk ikut. Tidak pakai basa-basi aku langsung maulah pergi ke acara itu, opportunity does not come twice,kesempatan tidak datang dua kali. Ceritanya agak panjang nih...
Flyernya yang menarik dengan tema "100% CINTA,really really love you never never leave you" ditambah lagi tanggalnya 18 Februari 2012 (tanggal special saat itu buat aku) jadi tambah tertariklah aku buat ikut. Tidak pakai banyak pertimbangan tekad bulat ikut!! Aku mengajak teman satu Rohkrisku tapi belum tau kepastiannya dia ikut atau gak. Beberapa hari sebelum hari H aku telfonan sama Nancy (sabahat SMP) dan entah kenapa dia dan aku ingin mengajak hal yang sama yaitu ke acara KKRS itu haha sesuatu yaa, praise God aku dan dia fix ikut dan aku dapet teman yang pasti untuk pergi, ya sekalipun tidak ada teman, aku tetap nekat pergilah hahaha. Di hari H teman rohkrisku gak ada kabar ya okelah dia gak jadi hemm sendiri dari sekolahku yang pergi,it's ok yang penting ada satu yang aku kenal (Nancy). Singkat cerita temanku ini memiliki seorang teman yang ternyata aktif di persekutuan siswa *God's grace* akhirnya aku berbincang-bincang,meminta nomer telponnya dan dalam proses yang panjang dan agak lama karena aku lagi sibuk ngurus SIDI akhirnya aku masuk dalam persekutuan siswa Jakarta.

Betul sekali semua cerita papa dan mama tentang Perkantas. Benar-benar atmosfir persekutuan dan persaudaraan aku rasakan disini, kakak-kakak yang sangat baik, teman-teman yang baik dan bahagianya mereka semua anak-anak Tuhan memang benar persekutuan ini sangat berbeda dengan persekutuan yang ada di sekolah swasta kristen, rohkris, maupun gereja persis seperti cerita papa dan mama.
Meskipun aku tidak sempat merasakan memiliki kelompok kecil karena telat ikut persekutuan ini dan keburu lulus SMA dan juga adanya rencana pendidikan lanjut keluar negeri jadi sulit untuk menikmati indahnya kelompok kecil tapi diluar semua itu sungguh aku bersyukur bisa merasakan indahnya persekutan disini. Acara-acara kamp rohani yang benar-benar memberkatiku, KKRS(Kebaktian Kebangunan Rohani Siswa) yang aku ikuti sebanyak dua kali pada 2012 dan 2013, persekutuan besar dua kali sebulan, pendalaman alkitab (PA), persekutuan doa(PD), alone with God (AWG), kakak-kakak yang baik, dan yang paling amat penting dari semuanya itu imanku benar adanya semakin bertambah kuat berada disana. Aku enjoy banget bisa sempat menjadi bagian persekutan bersama mereka sungguh anugerah besar yang Tuhan berikan lewat KKRS 2012.
Jujur sesungguhnya aku sedih banget harus pisah sama hangatnya persekutuan itu. Ditambah lagi aku ingat sekolahku yang belum memiliki struktur rohkris yang benar tapi ya bagaimana lagi, jalan hidup setiap orang itu berbeda dan semua berjalan sesuai jalan dan keinginan-Nya. Aku hanya bisa berdoa untuk Rohkris SMA-ku, toh itu milik Tuhan so He keeps beside them!

So, I just thank God! Ya aku sekarang hanya bisa bersyukur pernah ada dalam Persekutuan Siswa Kristen Jakarta terkhusus di Jakarta Selatan dan aku bisa merasakan betapa menyenangkannya hidup dalam persekutuan dengan saudara-saudara seiman! Jadi istilahnya meskipun waktu ini sebentar dengan mereka di persekutuan tapi merupakan salah satu hal terbaik dalam hidupku dan aku benar-benar sungguh menemukan persekutuan yang sangat aku butuhkan yang istilah gaulnya 'gue banget' hahaha. Entah kenapa rasa sayang buat mereka ada mungkin karena istilahnya 'gue banget' melekat di persekutuan ini makanya I feel so comfortable with all of them, with the way this fellowship does for the growth of faith.

Sekarang aku sudah gak bisa aktif lagi dipersekutuan karena kendala studi tapi rasa kerinduan terbesarku muncul kembali karena aku saat ini merasa 'kehilangan' persekutuan Kristen. Aku berharap ketika nanti diwaktu-Nya aku bisa kembali merasakan kehangatan persekutuan ini mungkin bisa aku rasakan di IFES aku hanya membutuhkan persekutuan yang seperti Perkantas dengan pola KTB (Kelompok Tumbuh Bersama), KK(kelompok kecil) small group ya seperti pola yang lainnya yang ada di perkantas, karena itu 'gue banget' hehehe.

Tapi ya sebenarnya apapun persekutuannya tidak masalah selama itu benar dan berdasarkan Alkitab dan berdasarkan Yesus Kristus. Mau pola seperti apapun tetap PERSEKUTUAN itu hal paling penting dalam kehidupan Kristiani zaman sekarang.
Aku sangat bersyukur juga memiliki sahabat-sahabat rohani dari SD dan SMP, kami terus saling mendoakan, kami akan terus menopang dalam doa meskipun kami terpisah oleh jarak dan waktu. Bersyukur teknologi komunikasi mempersatukan kami dan bahkan membuat kami semakin akrab. Persekutuan aku dan mereka tak akan pernah putus apalagi dalam setiap doa kami :') 
Doaku, biarlah hubungan persekutuan dan persahabatan aku dan mereka tetap kokoh dalam Tuhan #TerimakasihTuhan

Berteman yang membawa kita semakin dekat dengan Tuhan, itulah pergaulan, hubungan, persekutuan yang paling tepat dan paling benar! Karena disaat kita bersama saling menguatkan, menopang, dan mendoakan disitu Roh Kristus ada diantara kita! dan Yesus ada di hati setiap kita. We are part of the body of Jesus, so it means we're always and keep growing each other in the fellowship.
Tuhan Yesus memberkati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Broken Christmas ~ Natal yang Hancur

Natal gak selalu harus meriah, Natal bisa sesederhana duduk di rumah bersama dan makan masakan yang enak buatan keluarga. Natal juga bisa te...