Kamis, Januari 02, 2014

my moment in 2013 :')

Aku bersyukur buat Tuhan karena kasih-Nya yang besar, aku (dan kita) bisa melalui tahun 2013 dengan baik dan selamat. Dia,Tuhan yang mengantarkan aku memasuki pintu 2013 di pukul 00:00 1 January, Dia juga Tuhan yang sama yang menghantarkan aku keluar pintu 2013 di pukul 23:59 31 December.

Terimakasih Tuhan Yesus,untuk penyertaan-Mu yang keren itu :)

If I want to flashback to what happened in 2013, this page can't fill the millions of sentences to be grateful. My mind, heart, and soul can't find a way to thank God for everything He has done in my life...but I think something from Him must I share, and keep reminding me how great the Lord, God, to love me ;) I have a journal to write it down.

Let start!

Semua berawal dari 1 January 2013. Waktu itu aku sekeluarga ada di kota Ambon, Maluku. Kembang api yang meriah dan bunyi suara (bisa dibilang) klakson kapal dan suara lonceng gereja yang menandakan bahwa telah terjadi pergantian tahun. 2013 pun dimulai...saat itu aku dan mama mengklaim bahwa tahun ini adalah tahun penuh dengan berkat, entah bagaimana caranya.
Lulus
Singkat cerita 2013 pun berjalan sampai di tengah.
aku bersyukur sama Tuhan karena tepat 24 Mei 2013 aku menjadi alumni siswa :) Dari alumni siswa itu berarti pertanda bahwa aku akan segera melangkah menjadi seorang mahasiswa. Ini adalah part terpahit sepanjang tahun 2013 tapi part inilah yang membuat aku semakin dewasa didalam Tuhan. sampai sekarang agak miris hati kalo bercerita tentang ini tapi ya ini adalah bagian pengalaman imanku

<< Langsung aja yaa aku tampilkan gambar yang mengiriskan hati ini :' Di tahun ini empat kali aku coba masuk perguruan tinggi di negri Indonesia, 4 kali juga aku gagal. Ini hal terberat dalam sejarah pendidikanku. Aku benar2 merasa hancuuurr sekali tapi Puji Tuhan itu hanya sesaat. Hal yang membuat aku kuat dan kembali berdiri tegak karena Tuhan sedirilah yang datang dan memberikan kekuatan kepadaku :') hanya Dia alasan aku kuat dan alasan aku mampu melewati masa-masa berat itu. Tuhan juga mengirim malaikat-malaikat kecil seperti papa dan mama, adik-adik, keluarga, teman yang ada untuk menguatkanku. Thank God :')

Aku bingung apa yang harus aku lakukan untuk pendidikan kedepan ini, tapi aku sadar ada tangan Tuhan yang membawa kemenangan akan selalu memegang erat tanganku dan tak akan melepaskanku dan Dia akan membuka mataku dan aku melihat bahwa masa depan sungguh ada dan harapanku tidak akan sia-sia di dalam Yesus :') lewat kegagalan ini aku belajar lebih dalam lagi bahwa apa yang kita inginkan, apa yang kita lihat itu baik, belum tentu demikian bagi Tuhan. Karena Tuhan punya rencana yang lebih besar, lebih spektakuler dari apa yang manusia bayangkan.
Di tahun 2013 keputusan lain bertindak, Tuhan memang tidak akan membiarkanku larut dalam kesedihan dan Ia memberiku harapan yang bersinar terang, setelah semua terlihat jelas dan mengarah ke situ, langkah untuk pergi ke Belanda menjadi keputusan. Rencana ini sudah ada dalam pikiran dan cita-cita papa sejak 13 tahun yang lalu (tahun 2000). Semua memang terlihat semakin terbuka, dari hubungan baik dengan kerabat disana sampai persiapan bahasa Belanda dasar yang aku punya. Semua itu membuat aku sedikit tenang dan bersemangat untuk meraihi mimpi meskipun harus di luar negeri Indonesia ini. Thanks God :) Dengan harga yang terjangkau dan sangat penuh berkat aku bisa kursus bahasa Inggris sebagai modal untuk terbang ke Belanda di WallStreet, School of English. Thank God :)
Sebenarnya dari semua berkat yang aku dapatkan ada satu cerita di tahun 2013 yang akan selalu aku kenang dan akan menjadi kenangan yang paling indah yakni:

Pelayananku untuk TUHAN

Tepatnya 3 Maret 2013 aku di tabiskan di gereja untuk menjadi kakak pelayan di sekolah minggu gerejaku. Aku siap melayani anak-anak kecil dan  berbagi cerita tentang Tuhan Yesus kepada mereka dan ini hanya untuk Tuhan. Waktu kosongku membuat aku merasa tak terganggu untuk melayani.
Sampai Tuhan mempercayakanku tiga kali menjadi sie.koordinator pada acara besar sekolah minggu.
Pertama jadi koord sie.Konsumsi pada HUT RI Pelkat PA, koord sie.perlengkapan HUT Pelkat PA ke 54, dan koord sie.Konsumsi di Natal Pelkat PA dan jujur aku sangat berantusias dan membara dalam pelayananku ini apalagi bercerita tentang Tuhan Yesus kepada anak-anak kecil dan melihat reaksi antusias mereka membuatku sangat bergembiraaa dan membuatku nyaman untuk terus melayani Dia.

Tak terlupakan aku juga menjadi bagian dalam acara Seminar Management Rohkris (SMR) dari Persekutan Siswa(Perkantas) di bagian sie.Peserta sungguh ini pengalaman yang tak akan bisa aku lupakan tentang 2013 apalagi aku bersukacita banyak siswa yang hadir bahkan aku bisa membawa satu siswa dari SMAku dan dia pun senang dengan acara ini :) SMR tahun 2013 temanya: I'm Special, Doing something Special. Aku pun merasa bahwa aku ini spesial dimata Tuhan dan aku harus melayani Tuhan dengan melakukan 'sesuatu' yang spesial. 

Meskipun kalau boleh jujur sih dalam menjalaninya capek dan lelah secara fisik dan mental(sedikit), kalo soal mental, aku harus menghadapi sifat-sifat rekan sepelayanan di gereja yang membuatku kesal, bete, bahkan heran, sifat-sifat yang baru aku temui, tapi tak sedikit juga yang membuat aku enjoy melayani di gereja, emang benar kalo kita melayani terkadang rekan sepelayanan sendirilah yang mengajarkan arti kesabaran dan mengingatkanku kembali bahwa ini semua hanya untuk Tuhan bukan manusia! Tapi itu semua dipatahkan dengan sukacita di hati yang sudah ada sejak awal:)) dan kalo fisik, memang sangat lelah tapi ah itu hanya seperti angin lewat semuanya tak terasa ketika aku ingat bahwa ada sukacita dalam hati ini ;) dan yang aku sangat syukuri selama aku melayani tak pernah Tuhan izinkanku tergeletak di tempat tidur karena sakit, aku tahu kenapa, itu semua karena aku benar-benar bersukacita melakukannya dan aku tahu bahwa pelayanan ini untuk Tuhan, He save me:')  huaaah feel special. 

Jadi, kesimpulan yang bisaku ambil dengan tidak kuliahnya aku tahun ini adalah TUHAN memakaiku dengan luarbiasa untuk melayani-Nya dan ini adalah jawaban atas doaku di tahun 2012 untuk bisa melayani-Nya. Tapi aku tidak mau hanya di 2013 aku ingin sampai akhir hidupku aku bisa melayani DIA, meskipun tak harus jadi pendeta dkk itu. Tidak akan terlupakan juga pada saat aku ulangtahun ke 18 (5 Desember 2013) banyak doa dan harapan dari berbagai pihak untuk mengantarkanku ke usia yang lebih dewasa ini. Surprise aku dapatkan dari panitia SMR dan sungguh aku bahagia sekali bisa merayakan ultah ke 18 bersama orang-orang terkasihku.

Natal 2013 terlalui dengan indah
Akhir tahun,aku papa mama Greaty dan Eze berdoa bersama dan saat itu air mataku berlinang karena aku tak kuasa menahan haru akan kasih Tuhan yang hebat banget sepanjang 2013!!
Gambar diatas ini adalah permulaan 2013 dulu tapi
sekarang ujung perjalanan 2013 sudah selesai dengan baik













Finally!! 2013 is past now and never be back again but all of the memories have never gone from my mind and my heart. Thank God :)

Yess!! itulah kesan umumku tentang tahun 2013 ada sangat banyak kisah yang tak bisa tertuliskan semua disini. Menurutku tahun 2013 memang penuh dengan berkat berlimpah seperti klaim yang aku dan mama bilang,banyak berkat yang Ia izinkan untukku alami,terimakasih Tuhan.
Kisah bersama-sama dengan 'mereka' yang Tuhan berikan kepadaku ditahun ini juga sangat amat banyak dan sangat penuh kenangan manis:) Detailnya hanya ada dalam memory di pikiran dan hatiku kemudian sebagian tersimpan dalam buku.

1 komentar:

The Broken Christmas ~ Natal yang Hancur

Natal gak selalu harus meriah, Natal bisa sesederhana duduk di rumah bersama dan makan masakan yang enak buatan keluarga. Natal juga bisa te...